HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL/KONSELING OLEH MAHASISWA KEBIDANAN DENGAN KEPUASAN KLIEN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI

SUNARNI, NELI (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL/KONSELING OLEH MAHASISWA KEBIDANAN DENGAN KEPUASAN KLIEN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI. Masters thesis, UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK TESIS Neli Sunarni, SST., M.Keb..pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK TESIS Neli Sunarni, SST., M.Keb..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[thumbnail of TESIS Neli Sunarni, SST., M.Keb.pdf] Text
TESIS Neli Sunarni, SST., M.Keb.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan komunikasi interpersonal dalam konseling seorang bidan akan diuji bila menghadapi klien sesungguhnya. Kualitas komunikasi interpersonal/konseling oleh mahasiswa kebidanan belum pernah di evaluasi, oleh karena itu, mahasiswa pada saat melakukan praktik kebidanan dilakukan penilaian keterampilan komunikasi interpersonal/konseling oleh pembimbing klinik. Keterampilan komunikasi interpersonal/konseling merupakan aspek penting dalam pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, karena konseling membantu klien mengatasi masalah yang dihadapinya dalam memilih dan memutuskan jenis kontrasepsi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya, sehingga klien merasa puas atas pilihan dan pelayanan yang diterimanya. Penelitian observasional potong lintang dilaksanakan di empat lokasi Bidan Praktik Mandiri Kabupaten Ciamis pada bulan Agustus 2015. Subjek penelitian adalah mahasiswa kebidanan tingkat III semester VI yang sudah lulus mata kuliah pelayanan Keluarga Berencana sebanyak 46 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Calon akseptor KB yang datang ke Bidan Praktik Mandiri dinilai apakah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, selanjutnya calon akseptor KB dipilih secara konsekutif sampai tercapai 46 orang. Data diperoleh menggunakan daftar tilik dan kuesioner, dianalisis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara teknik konseling, perilaku empati dalam konseling yang ditampilkan mahasiswa, perilaku yang mencerminkan etika dalam konseling dengan kepuasan klien dengan nilai p > 0,05. Tidak terdapatnya hubungan diduga karena pada saat penilaian hanya dinilai dari kepatuhan melakukan langkah klinik, namun tidak menilai isi atau materi konseling. Menilai empati tidak dinilai oleh klien, butir penilaian empati tidak dibuat secara khusus. Masih terdapatnya bias dalam proses penilaian dan mungkin juga dalam proses seleksi. Simpulan hasil penelitian, tidak terdapat hubungan antara teknik konseling, perilaku empati dalam konseling dan perilaku etika dalam konse

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TESIS
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Teknik Konseling, Perilaku Empati, Perilaku Etika, Kepuasan klien.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Dosen STIKes Muhammadiyah Ciamis
Depositing User: UPT Perpustakaan STIKes Muhammadiyah Ciamis
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:02
Last Modified: 03 Oct 2022 07:02
URI: http://repository.stikesmucis.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item