ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2015

LESMANASARI YUSUF, ANNA (2016) ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2015. Masters thesis, UNIVERSITAS SETIA BUDI SURAKARTA.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK TESIS Anna Lesmanasari Yusuf.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK TESIS Anna Lesmanasari Yusuf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36kB)
[thumbnail of TESIS Anna Lesmanasari Yusuf.pdf] Text
TESIS Anna Lesmanasari Yusuf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 penyelenggaraan SJSN yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, jaminan hari tua dan jaminan kematian bagi seluruh penduduk pmelalui iuran wajib peserta. BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Pada penelitian ini masalah yang akan diteliti tentang pengaruh tingkat kualitas pelayanan BPJS terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Kota Tasikmalaya, penelitian ini akan membuktikan kepuasan atau ketidak puasan pasien atas kualitas pelayanan BPJS yang diberikan oleh puskesmas melalui kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan diskriptif analitik, yang bersifat investigasi dengan menggunakan data prospektif yang diambil dengan menggunakan lembaran kuisioner. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah kepuasan pelayanan., sedangkan variabel bebas adalah kepesertaan BPJS, informasi pelayanan kesehatan, pembiayaan / premi. Penelitian ini dilakukan di puskesmas kota Tasikmalaya dengan responden sebanyak 300 pasien. Hasil jawaban responden dihasilkan distribusi skor dilakukan uji statistik yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan Regresi Linier Beganda. Hasil uji F hitung dengan F tabel yaitu untuk kepesertaan (X1) adalah 0,154, untuk Informasi pelayanan (X2) adalah 0,280 dan pembiayaan/premi (X3) adalah 0,428, yang artinya adalah semua variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Sedangkan uji t X1 adalah2,369, X2 adalah 4,732 dan X3 adalah 5,233 dengan t tabel -+ 1,969 yang artinya semua variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dapat disimpulkan bahwa kepesertaan BPJS, informasi pelayanan dan pembiayaan/premi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien serta secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas kota Tasikmalaya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TESIS
Uncontrolled Keywords: BPJS, Kepesertaan, Informasi pelayanan, Pembiayaan, Kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Dosen STIKes Muhammadiyah Ciamis
Depositing User: UPT Perpustakaan STIKes Muhammadiyah Ciamis
Date Deposited: 04 Oct 2022 10:06
Last Modified: 04 Oct 2022 10:06
URI: http://repository.stikesmucis.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item
View Item