PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP POLA TIDUR REMAJA DI MA AL-ISTIQOMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19

AYU SINAR MAYAWATI, ADE (2021) PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP POLA TIDUR REMAJA DI MA AL-ISTIQOMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19. Bachelor Degree thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH CIAMIS.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[thumbnail of ABSTRAK DAN INTISARI.pdf] Text
ABSTRAK DAN INTISARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (400kB)
[thumbnail of 14 BAB 1.pdf] Text
14 BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[thumbnail of 15. BAB 2.pdf] Text
15. BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[thumbnail of 16. BAB 3.pdf] Text
16. BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[thumbnail of 17. BAB 4.pdf] Text
17. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB)
[thumbnail of 18. BAB 5.pdf] Text
18. BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[thumbnail of 19 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)

Abstract

Latar Belakang : Game online merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang dapat diakses oleh banyak pemain yang dihubungkan oleh jaringan internet, para pemain memainkan permainan ini dimana saja dan kapan saja, serta memerlukan durasi bermain yang cukup lama yang berdampak mempengaruhi pola tidur mereka. Di indonesia jumlah gamer sebanyak 1,3 milyar dengan jumlah populasi dunia sebanyak 7,1 milyar dengan usia terbanyak mulai dari remaja 12-19 tahun. Tujuan : Mengetahui gambaran bermain game online pada remaja MA Al- Istiqomah di masa pandemi covid 19, Mengetahui gambaran pola tidur remaja MA Al-Istiqomah pada masa pandemi covid 19, Mengetahui pengaruh penggunaan game online terhadap pola tidur remaja MA Al-Istiqomah pada masa pandemi covid 19. Metode : Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 50 responden.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap pola tidur remaja di MA Al-Istiqomah pada masa pandemi covid 19. Proses pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang diisi oleh responden. Hasil : Menunjukan 11 orang dengan pola tidur teratur, 8 orang tidak bermain game online (72,7%) dan sebanyak 3 orang kecanduan sedang (27,3%). Sebanyak 39 orang dengan pola tidur tidak teratur, 2 orang tidak bermain game online (5,1%), 7 orang kecanduan ringan (17,9%), 16 orang kecanduan sedang (41,0%) dan 14 orang kecanduan berat (35,9%) sehingga diperoleh nilai p value 0,000, jika dibandingkan dengan α (0,05) maka nilai p value lebih kecil daripada nilai α (0,000 < 0,05) maka Ha gagal ditolak.. Kesimpulan : Terdapat pengaruh bermain game online terhadap pola tidur remaja pada MA Al-Istiqomah di masa pandemi covid 19, dengan intensitas bermain game online dalam kategori sedang dan mengalami pola tidur tidak teratur.

Item Type: Thesis (Bachelor Degree)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Game Online, Remaja, Pola Tidur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S-1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan STIKes Muhammadiyah Ciamis
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:36
Last Modified: 05 Oct 2022 07:36
URI: http://repository.stikesmucis.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item